MANAGEMENT DAN ORGANINASI
RIFA
HANA ZAIMAH
26216366
IT-022234
Assalammualaikum wr.wb
Tulisan ini disusun untuk memenuhi tugas mata
kuliah "PENGANTAR BISNIS" yang bertemakan "MANAGEMENT DAN
ORGANISASI" bertujuan untuk dapat memberikan manfaat dan menambah
pengetahuan terutama bagi penulis serta bermanfaat bagi dunia perusahaan.
Banyak orang yang bertanya-tanya tentang Apa sih itu peranan
management? Bagaimana latar belakang sejarah management? Apa fungsi dari proses
manajemen? Apa saja ciri-ciri manajer profesional? Apa saja keterampilan
manajemen yang dibutuhkan? Apa pengertian organisasi? Seberapa pentingnya
mengenal organisasi? Apa saja bentuk-bentuk organisasi? Apa saja prinsip-prisip
organisasi? Keterampilan management apa saja yang dibutuhkan di organisasi?
Dana apa saja sebab keberhasilan dan kegagalan organisasi? untuk lebih
jelasnya penulis akan membahas semuanya di bawah ini.
1. Management
Manajemen
merupakan suatu aktifitas yang berhubungan antara aktifitas satu dengan
aktifitas lainnya. Aktifitas tersebut tidak hanya dalam hal mengelola
orang-orang yang bekerja di suatu perusahaan, melainkan mencakup
tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengendalian
yang dilakukan untuk menentukan dan mencapai sasaran melalui pemanfaatan sumber
daya yang ada. Rangkaian aktifitas ini dinamakan proses manajemen, sedangkan
orang yang memimpin dan mengatur proses manajemen disebut manajer.
Artikel ini menyatakan tentang peranan manajemen dalam organisasi. Hal
itu dapat dilihat dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, terdapat juga proses
organizing, struktur organisasi. Hal itu menjadikan artikel ini sebagai artikel
mengenai management dalam organisasi yang wajib orang-orang mengetahuinya.
1. Peranan Management
Menurut Daft (2003;4) yaitu : “Management is the attainment of
organizational goals in an effective and efficient manner through
planning organizing leading and controlling organizational
recources.” Artinya adalah manajemen merupakan pencapaian
tujuan dengan cara yang efektif dan
efisien melalui perencanaan pengorganisasian pengarahan dan
pengawasan sumber daya. Secara universal manajemen diartikan sebagai penggunaan
sumber daya organisasi untuk mencapai sasaran dan kinerja yang tinggi
dalam berbagai kegiatan organisasi profit maupun non profit.
Selain
kategori besar manajemen, manajer pada berbagai tingkat hirarki memiliki
peran manajerial yang berbeda. Seorang peneliti. Henry Mintzberg,
mengkategorikan peran seorang manajer dan dapat di kelompokkan
menjadi tiga jenis utama, yaitu :
1) Peran Decisional, membutuhkan
manajer yang merencanakan strategi dan memanfaatkan sumber daya.
2) Peran Informasi adalah, mereka dimana para manajer memberikan dan
mengirimkan informasi.
3) Peran Interpersonal, memerlukan
manajemen untuk mengarahkaan dan mengawasi karyawan dan organisasi.
2.
Latar Belakang Sejarah Management
Bukti
adanya praktik-praktik manajemen adalah pembangunan piramida di Mesir,
pembangunan tembok besar di Cina. Lalu contoh manajemen lainnya
adalah pada era 1400-an, di Venesia, Italia, adanya pusat perdagangan di
Benua Eropa. Ada dua peristiwa bersejarah yang dapat dijadikan sebagai latar
belakang dan sejarah manajemen, yaitu pada tahun 1776, dimana Adam Smith
menerbitkan bukunya yang berjudul The Wealth of Nations, dimana
dalam bukunya ia menggagas manfaat yang dapat diperoleh masyarakat dan
organisasi dari penerapan pembagian kerja (division of labor). Peristiwa
yang kedua yaitu, revolusi industri di Prancis yang terjadi sekitar abad 18,
dimana peran tenaga mesin telah menggantikan tenaga manusia.
3.
Fungsi Proses Management
Menurut kamus, organisasi berarti
menciptakan suatu struktur dengan bagian-bagian yang terintegrasi sedemikian
ruoa sehingga hubungan antara bagian- bagian dipengaruhi oleh hubungan mereka
dengan keseluruhan struktur tersebut.
Pengorganisasian bertujuan untuk membagi suatu kegiatan besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil. Selain itu, mempermudah manajer dalam melakukan pengawasan dan menentukan orang yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas-tugas yang telah dibagi-bagi tersebut.
Proses
organisasi yang lazim ditempuh sebagai berikut:
1) Membagi pekerjaan yang akan dilakukan, menetapkan tugas-tugas, dan tanggung
jawab.
2) Membentuk susunan jabatan da peranan dengan pemberian nama
3) Membentuk sistem-sistem kekuasaan dan status formal
4) Membentuk suatu struktur organisasi untuk melakukan komunikasi-komunikasi
internal.
Fungsi
organisasi adalah proses yang ditempuh untuk menyusun atau membentuk suatu
organisasi. Salah satu tugas penting organisasi adalah menciptakan hubungan
yang harmonis dalam suatu kelompok yang terdiri dari berbagai individu dan
berbagai macam kepentingan.
Bentuk-bentuk
struktur organisasi adalah organisasi garis, organisasi garis dan staff dan
organisasi fungsional.
1)
Organisasi garis
Organisasi garis diciptakan
oleh Henry Fayol. Ciri-ciri struktur organisasi garis adalah
sebagai berikut:
ü
Organisasi masih kecil, praktis, dan
sederhana
ü
Jumlah karyawan sedikit
ü
Pimpinan dan semua karyawan saling
mengenal
ü
Spesialisai kerja belum tinggi
ü
Hanya mengenal satu komando
ü
Struktur organsasi sangat sederhana
2) Organisasi garis dan staf
Organisasi garis dan staf diciptakan
oleh Harrington Emerson. Ciri-ciri organisasi garis dan staf
adalah sebagai berikut:
ü
Dipergunakan dalam organisasi yang
bersifat kompleks
ü
Daerah kerjanya luas,
karyawannya banyak
ü
Ada dua kelompok karyawan, yaitu
kelompok staf penasihat dan kelompok garis pelaksana
ü
Mempunyai bidang-bidang yang beraneka
ragam dan rumit
3) Organisasi fungsional
Organisasi fungsional diciptakan
oleh F.W.Taylor. ciri-ciri organisasi fungsional adalah
sebagai berikut:
ü Setiap pimpinan dapat memberikan
perintah kepada setiap bawahan sepanjang ada hubungan dgn fungsi atasan
tersebut
ü Setiap pemimpin dpt menerima perintah
dari pimpinan mana saja asal lebih tinggi kedudukannya
ü
Tidak terlalu menekankan pada
struktur hierarki
ü
Tanggung jawab pelaksanaan kepada
lebih dari satu pimpinan.
4.
Ciri-Ciri Manajer Profesional
Definisi
sederhana tentang profesional dapat diberlakukan pada profesi manajer. Pertama,
seorang manajer profesional adalah seorang yang hidup dari profesinya sebagai
manajer, bukan manajer amatiran atau bekerja sambilan. Kedua, seorang manajer
profesional tentunya diharapkan betul-betul melaksanakan tugasnya layaknya
seorang profesional dalam bidang lainnya dan mempunyai kemampuan dan
pengetahuan yang tinggi untuk mencapai keberhasilannya.
5.
Ketrampilan Manajemen yang
Dibutuhkan
Ketrampilan atau
kemampuan yang harus dimiliki seseorang untuk menjadi seorang manajer
profesional ada 3, yaitu:
1) Kemampuan teknis
2) Kemampuan Interaksi Antar Manusia.
3) Kemampuan dalam Penetapan Visi, Misi, dan Strategis.
2.
Organisasi
1. Definisi
Organisasi
Organisasi merupakan sekelompok
individu yang terstruktur dan sistematis yang berada dalam sebuah sistem.
Definisi lain menyebutkan, organisasi adalah wadah untuk sekelompok individu
berinteraksi dengan wewenang tertentu.
2. Pentingnya
Mengenal Organisasi
·
Terciptanya hubungan yang baik antar
anggota.
·
Setiap anggota mengetahui tugas &
tanggung jawabnya dlm rangka mencapai tujuan yg ditetapkan.
·
Spesialisasi dalam melaksanakan
tugas.
3. Bentuk-Bentuk
Organisasi
1)
Organisasi Garis (oleh : Henry Fayol)
Organisasi yang paling sederhana dan sudah sangat tua. Digunakan di
kalangan militer dengan karyawan yang masih sedikit dan saling kenal.
Spesialisasi pekerjaannya pun belum terlalu tinggi.
2)
Organisasi Fungsional (oleh : F.W.
Taylor)
Pimpinan-pimpinan yang ada, tidak memiliki bawahan yang jelas, karena setiap
pimpinan mempunyai wewenang untuk memberikan komando selama masih ada hubungan
dengan fungsi atasan tersebut.
3)
Organisasi Staf dan Garis (oleh :
Harrington Emerson)
Biasanya dipakai pada organisasi yang besar dengan daerah kerja yang luas dan
bidang tugas yang beraneka ragam serta rumit. Memiliki tenaga staf atau tenaga
ahli lebih dari satu untuk memberikan nasihat atau saran.
4)
Organisasi Staf dan Fungsional
Organisasi staf dan fungsional merupakan organisasi gabungan
antara staf dan fungsional. Memiliki kelebihan dan kelemahan seperti organisasi
staf dan organisasi fungsional.
4. Prinsip-Prinsip
Organisasi
Prinsip dari organisasi menawarkan
petunjuk untuk menciptakan efisiensi dan efektivitas struktur organisasi.
Dengan kata lain, prinsip-prinsip ini adalah kriteria dari proses organisasi
yang efisien. Pakar manajemen menyebutkan, statement khusus terkait dengan
prinsip organisasi dalam manajemen. Beberapa prinsip organisasi itu antara lain
:
·
Kesatuan Tujuan.
·
Divisi Kerja dan Spesialisasi.
·
Delegasi Kewenangan
·
Koordinasi.
·
Kesatuan Komando.
·
Fleksibilitas.
·
Sederhana.
·
Rentang Kendali.
·
chain of Command
·
Prinsip Pengecualian
·
Wewenang dan Tanggung Jawab.
·
Efisiensi.
·
Keseimbangan yang Wajar.
·
Pemisahan fungsi lini dan staf.
3.
Kesimpulan
Dari uraian diatas bisa kita simpulkan bahwa pentingnya peranan manajemen dalam organisasi itu menyimpulkan bahwa suatu organisasi harus memiliki sebuah manajemen yang baik karna manajemen itu sangat penting untuk kelancaran berjalannya suatu organisasi, untuk mengatur suatu perusahaan agar suatu perusahaan tersebut organisasinya terstruktur atau tersusun dengan baik. Manajer mengatur jalannya semua management dan membuat agenda-agenda management yang teratur dan baik. Manajer juga harus bisa menyesuaikan diri di dalam organisasi kerna manajer berperan penting dalam sebuah organisasi yang didirikan. Maka dari itu peranan manajemen dan manajer dalam sebuah organisasi sangat diperlukan supaya tidak menjadi berantakan atau sulit mendapatkan keputusan dengan baik.
Dari uraian diatas bisa kita simpulkan bahwa pentingnya peranan manajemen dalam organisasi itu menyimpulkan bahwa suatu organisasi harus memiliki sebuah manajemen yang baik karna manajemen itu sangat penting untuk kelancaran berjalannya suatu organisasi, untuk mengatur suatu perusahaan agar suatu perusahaan tersebut organisasinya terstruktur atau tersusun dengan baik. Manajer mengatur jalannya semua management dan membuat agenda-agenda management yang teratur dan baik. Manajer juga harus bisa menyesuaikan diri di dalam organisasi kerna manajer berperan penting dalam sebuah organisasi yang didirikan. Maka dari itu peranan manajemen dan manajer dalam sebuah organisasi sangat diperlukan supaya tidak menjadi berantakan atau sulit mendapatkan keputusan dengan baik.
4.
Daftar Pusaka
Terry George, R. The Principles of
Management.
Buku ekonomi SMA/MA Kelas XII, karangan Yudhistira
Tidak ada komentar:
Posting Komentar